Home / Kamus / Timing Advance (TA)

Timing Advance (TA)

Timing Advance (TA) adalah parameter yang menunjukan seberapa jauh jarak antara sebuah Mobile Subscriber (MS) dengan BTS. Nilai TA juga akan sebanding dengan lamanya waktu yang dibutuhkan oleh sebuah sinyal yang dipancarkan MS akan diterima oleh BTS. Karena jarak MS-MS ke BTS berbeda-beda, maka kapan waktu yang tepat sebuah MS diijinkan untuk mengirimkan sinyal ke BTS dalam sebuah time slot harsulah diatur. Timing Advabce adalah parameter yang digunakan dalam proces pengaturan ini.

Nilai TA bersifat dinamis (berubah-ubah) sesuai dengan jarak MS ke BTS. BTS akan menghitung nilai TA yang pertama ketika ia menerima sebuah RACH (random access channel) dan meng-update datanya ke BSC melalui informasi MEAS_RE setiap 480 ms. Kea rah MS, TA akan dikirimkan oleh BTS melalui SACCH (Slow Associated Control Channel). Gambar di bawah ini menunjukkan fromat informasi dalam SACCH.

Nilai TA dapat berkisar antara 0-63 (0-3F hex), yang berkorelasi dengan jarak antara 0 – 35 km (MS ke BTS), dimana setiap tingkatannya mewakili jarak phisik sekitar 550 m (35km/63 550 m). Untuk parameter waktu, nilai TA menunjukan interval waktu dari 0 mikro second smapi dengan 232 mikro second, dimana setiap tingkatannya mewakili waktu sebesar 3,69 mikro second (232 mikro second / 63).

About abusajid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*