Home / Berita Telekomunikasi / Telkomsel Gandeng ITB Wujudkan Smart City

Telkomsel Gandeng ITB Wujudkan Smart City

Telkomsel bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) ingin mewujudkan Bandung sebagai Smart City melalui penerapan teknologi informasi terpadu di setiap sisi kota dan menciptakan connected generation (c-generation).

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Direktur Sales Telkomsel Mas’ud Khamid dan Wakil Rektor ITB Prof. Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, M.S. berbarengan dengan pelaksanaan acara Bandung Awan Pengetahuan di Aula Barat Kampus ITB Bandung, Sabtu (26/10).

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sebagai wujud dukungan pemerintah daerah setempat, mengingat untuk membentuk smart city dibutuhkan sinergi antara akademisi, industri, dan pemerintahan.

Mas’ud mengatakan bahwa kerjasama ini juga dimaksudkan untuk membangun generasi muda Bandung yang melek digital. Dalam kerjasama tersebut, perusahaan kita memberikan bantuan seperangkat sistem smart school. Di samping itu, Telkomsel juga memberikan bantuan perbaikan beberapa gedung sekolah yang ada di Kota Bandung.

Selain mendukung terwujudnya Smart City, Telkomsel dan ITB juga menyepakati kerjasama berupa Implementasi Teknologi Masa Depan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia yang meliputi kegiatan pengembangan penelitian dan inovasi yang bersifat aplikatif dan antisipatif dalam bentuk pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia.

“Di era digital sekarang ini public awareness terkait inovasi dan kreativitas teknologi informasi di dunia pendidikan perlu ditingkatkan guna memacu peran serta masyarakat dalam mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia,” lanjut Masud.

Beberapa aplikasi teknologi masa depan juga didemokan di acara ini berupa Mobile Learning dan Collaborative Learning yang sedang dikembangkan oleh ITB. Melalui aplikasi ini, mahasiswa, dosen, guru, serta murid dapat terhubung satu sama lain melalui teknologi digital sehingga penyebaran bahan ajar, tugas sekolah, absensi, dan aktivitas belajar lainnya bisa dilakukan secara mobile.

“Telkomsel juga secara berkala akan melakukan edukasi produk dan layanan ke ITB, serta fasilitas Wi-Fi dan special offer untuk layanan voice, SMS, dan data bagi civitas akademika ITB, termasuk mahasiswa baru,” pungkas Masud.

About wiraand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*