Home / Kamus / Closed User Group (CUG)

Closed User Group (CUG)

Closed User Group (CUG) adalah salah satu jenis supplementary service GSM yang memungkinkan pelanggan GSM yang menjadi anggota dari sebuah group CUG untuk hanya dapat menerima panggilan dan melakukan panggilan dari/ke sesama anggota sebuah Closed User Group. Jadi komunikasi hanya dapat dilakukan antara sesama anggota suatu CUG yang sama saja. Dalam sebuah jaringan suatu PLMN, anggota CUG akan terlihat seperti sekelompok pelanggan yang terpisah/terisolasi dari pelanggan PLMN lainnya. Seorang pelanggan dapat menjadi anggota sepuluh CUG yang berbeda.

Pada awalnya, service ini adalah service yang diimplementasikan pada jaringan komunikasi data, yang tujuannya untuk keamanan data dan jaringan, yaitu melindungi jaringan dari akses orang-orang yang tidak diinginkan (orang-orang yang tidak terdaftar sebagai anggota suatu group dalam jaringan tersebut). Dalam jaringan GSM, service ini dikembangkan lebih fleksible sehingga memiliki opsi yang memungkinkan anggota suatu CUG untuk dapat menerima telepon dari luar angggota CUG ataupun dapat melakukan pangggilan ke luar anggota CUG. Service CUG ini tidak berlaku bagi hubungan SMS, jadi anggota suatu CUG dapat saja menerima/mengirim SMS dari/ke pelanggan GSM yang bukan anggota CUG-nya.

About abusajid

8 comments

  1. Dear Support, Apakah bisa dilakukan interkoneksi antara satu CUG dengan CUG yang lain ? mohon informasi kalau ya apakah sudah ada yang implementasi untuk kondisi tsb ?

    Thanks
    Anetagama

  2. saya punya no cug, tapi hilang kira2 bisa ndak pakai no yang lama tadi

  3. kl nomor lama hilang dan mau diaktifin lagi, hubungi aja pusat pelayanan operatornya, biasanya mereka mau ganti kok, selama nomornya belum di-recycle sama mereka. Kl nomor yg hilang itu udah diaktifin/diganti sama opertaornya, maka selama kita sebelumnya masih terdaftar sbg member suatu CUG, maka begitu nomor kita aktif kembali maka kita otomatis terdaftar sbg annota CUG kita sebelumnya.

    tp kl mau jadi anggota cug lagi dan nomor kita hllang dan nggak bisa diganti, tinggal hubungi dan minta didaftarin aja sama admin CUG-nya .

  4. gmn cranya daftar CUG. mskpun sya gag usah gnti nomer…trus berapa kode.a…. krim ke email aku. di …syaifulpepsiblue@yahoo.com

  5. mau tanya, jikalau saya telah membeli “paket” CUG dengan mengetik *232*1#, sedangkan temen saya tidak membeli “paket” CUG, tarif apakah yang dipakai? reguler atau tarif CUG nya? (saya dan temen saya tergabung dalam komunitas CUG yang sama)

  6. Barusan nyoba2 layanan CUG dari salah satu operator, di informasinya ada penjelasan seperti ini : “Dengan paket CUG, kamu gratis telpon dan SMS ke sesama member komunitas sekolahmu, selama 24 jam, 30 hari.”

    coba nyimpulkan informasi di atas : kalau mas ipir nelpon ke temen yang anggota cug yang sama maka nelponnya gratis. Btw, kl daftar cug ini tarifnya berapa ya mas?

  7. gmn caranya keluar dr komunitas cug. ada yg tau ga.? hbngi saya ke 082367153888
    Tolong infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*