Home / Berita Telekomunikasi / 4G LTE Telkomsel Siap Layani KTT APEC 2013

4G LTE Telkomsel Siap Layani KTT APEC 2013

Jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) yang akan berlangsung pada tanggal 1-8 Oktober 2013 di Bali, Telkomsel siap menyediakan akses telekomunikasi berkecepatan tinggi bagi para delegasi dan peserta yang berasal dari berbagai belahan dunia lewat jaringan 4G LTE (Long Term Evolution).

Direktur Network Abdus Somad Arief (ASA) mengatakan, “Uji coba 4G LTE yang dilakukan pada event internasional layaknya KTT APEC 2013 menunjukkan kesiapan Telkomsel dalam pengembangan jaringan broadband di Indonesia. Langkah uji coba ini juga sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia tidak tertinggal dalam implementasi teknologi terbaru dan siap untuk masuk ke era baru dengan adanya jaringan LTE yang dapat mendukung geliat perekonomian di Indonesia.”

Dalam uji coba 4G LTE di pita 1.800 MHz selebar 5 MHz pada KTT APEC 2013 ini, Telkomsel menggelar sebanyak 39 eNodeB (BTS 4G LTE) dengan cakupan seluruh lokasi strategis terkait KTT APEC yang meliputi, antara lain Bandara Ngurah Rai, BNDCC (Bali Nusa Dua Convention Center), BICC (Bali International Convention Center), Hotel Sofitel, sepanjang jalan tol Bali, dan lokasi di sekitarnya. Pada peluncuran 4G LTE 11 September lalu di kawasan BTDC (Bali Tourism Development Corporation) yang merupakan lokasi utama penyelenggaraan KTT APEC 2013, kecepatan unduh mampu menembus angka 61 Mbps atau lebih dari 40 kali lipat kecepatan 3G pada saat uji coba.

Untuk meningkatkan user experience pelanggan dalam menggunakan 4G LTE, Telkomsel menyediakan “LTE Corner” di beberapa lokasi yaitu Bandara Ngurah Rai, BNDCC, GraPARI Kutabex, dan GraPARI Kios Nusa Dua. Di lokasi tersebut pelanggan dapat melakukan software upgrade dan mencoba demo 4G LTE seperti TV/video streaming, video call & conference, serta online & multiplayer game.

Telkomsel juga menyiapkan 5.000 kartu perdana khusus simPATI APEC 4G Trial untuk melayani kebutuhan komunikasi delegasi negara, tamu, dan peserta KTT APEC 2013 yang ingin menikmati layanan telekomunikasi berkecepatan tinggi. Masyarakat pun dapat merasakan langsung pengalaman 4G LTE serta menikmati kecepatan akses di jaringan 4G LTE dengan biaya yang sama bila menggunakan jaringan 3G.

LTE sendiri merupakan evolusi teknologi selular generasi ke-4 (4G) yang telah diluncurkan secara komersial oleh 213 operator di 81 negara di dunia, di mana 43 persen di antaranya menggelar layanan ini di frekuensi 1.800 MHz (sumber: gsacom.com-July 2013 ). “Pada dasarnya dengan adanya LTE, maka operator dapat memberikan layanan data (broadband) yang lebih cepat, kapasitas yang jauh lebih besar, dan kemampuan layanan yang lebih banyak kepada pelanggan. Lebih lanjut, dari perspektif operator, LTE mampu menurunkan cost/bit sehingga pembangunan mobile broadband network di Indonesia diharapkan dapat lebih merata dan tersebar sampai ke pelosok karena beban belanja modal yang lebih efisien,” ungkap ASA.

Selain melakukan uji coba 4G LTE, Telkomsel terus menjaga performasi 2G dan 3G selama KTT APEC berlangsung. Saat ini Telkomsel menyiapkan 1.344 BTS dengan kapasitas empat kali lipat, dan untuk meningkatkan coverage, capacity, dan capability di lokasi APEC berlangsung, tidak kurang 181 BTS baru telah dibangun dan 320 BTS di-upgrade serta dioptimasi. Telkomsel juga menyediakan 10 unit Combat (Mobile BTS), 1.400 titik akses FlashZone-Seamless dan menyiapkan pusat pengendali operasi layanan di Nusa Dua dan Command Center di Denpasar dan Jakarta.

About wiraand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*